Lha Bocah Ngomong Apa Yak?

Alright, kali ini ada bahasan yang menggelitik di pikiranku. Yup, yang lagi happening akhir-akhir ini dirasakan remaja-remaja seusiaku, (ceilah ngaku-ngaku remaja padahal usia udah seperempat abad! hahaha). Nah, usia seperempat abad! artinya kita ada di fase quarter life. Yang artinya, hidup harusnya udah kita pikirkan dengan matang dan punya tujuan. Masih mau hidup gini-gini atau gitu-gitu aja? Ya kalau bisa sih jangan. Maunya hidup yang lebih-lebih aja, lebih tertata, lebih indah, lebih keren. Hey, bangun! emang udah ngapain aja selama seperempat abad ini mau hidup lebih indah atau lebih keren? Kalau ternyata waktu yang kita pakai selama seperempat abad itu cuma untuk 'bersenang-senang' semata. Nggak lah! waktuku kan udah aku gunain buat belajar di sekolah, dari Play Group, TK, SD sampai S-1 malah, dan bahkan sekarang lagi jalanin S-2 loh. Ngawur aja kalau ngomong bersenang-senang, akutu belajar yha!

Iya, aku tau kita belajar. Kita semua belajar (kecuali yang kerjaanya di sekolah cuma absen doang terus abis itu ngilang entah ngebolang ato main gimbotan (ups, no offends ya)). Tapi apa? Apa yang udah kita hasilin dari sekolah selama hampir seperempat abad itu? Ya belum dong, kan setelah sekolah kita masih cari pengalaman dulu, kerja dulu, cari uang, ngabdi, gitu gitu Han (Lha, bocah ngomong apa yak?) Ngga liat berita yang kapan hari lalu ya? Di negara tetangga tuh usia under-30 udah pada jadi menteri loh. Terus di negara tetangga yang agak jauh lagi, ada yang udah jadi CEO diusia 20-an, iya kaya si Mark yang punya Facebook itu. Lha kita, usia 20-an tahun masih aja sibuk nyari-nyari gawean yang pas, yang kiranya bersin aja digaji gitu. Iya, aku nulis gini udah sambil ngaca kok. Aku tau, aku pun masih belum bisa berkarya. Aku pun juga masih belajar. Aku pun juga masih berproses. Aku pun masih belum optimal manfaatin waktu. Aku pun ada di masa QUARTER LIFE CRISIS. 

Aku bingung mau nentuin arah. Mau dikemanain sih hidupku ini sebenernya? 

Aku yakin, semuanya sedang/telah/akan melewati fase ini. Bersyukurlah kalian yang mengalami fase ini. Kalau menurutku, ini tuh sebuah titik dimana kita benar-benar akan memulai hidup baru kita. Ini awal mula fase kedewasaan kita dimulai. Sah-sah aja kok kalian setelah lulus sekolah S-1 langsung lanjut ambil S-2, atau langsung milih kerja, atau jadi volunteer, atau bahkan menikah. Itu semua hak kalian untuk memilih. Tapi, menurutku yang perlu digaris bawahi dalam pilihan ini adalah PRINSIP dan KOMITMEN. Yup, karena menurutku dua hal itu menjadi tolak ukur kedewasaan kita. Ketika prinsip sudah berjalan sejajar lurus dengan komitmen, maka kita sudah pantas disebut sebagai dewasa. Sebaliknya, ketika itu tidak lagi sejajar, maka sebaiknya kita tanya dulu diri kita, udah cukup dewasa belum sih?  Kenapa harus bertanya gitu? Karena menurutku quarter life crisis bisa kita hadapi dengan kedewasaan. 

Terus gimana korelasinya sih prinsip sama komitmen itu bisa jadi tolak ukur sebuah kedewasaan? Jadi gini nih, contoh gampangnya ya. Aku muslim, itu jadi sebuah prinsip dalam hidupku. Komitmenku untuk jadi muslim ya taat ibadah dan tidak ninggalin ibadah itu sendiri. Ketika kita ibadah wajib 5x dalam sehari aja masih belum bisa jangkep dan kadang suka ninggalin, gimana bisa komit, gimana bisa disebut dewasa. Masih kaya anak kecil yang ngga tau bedain mana yang wajib sama yang ngga. 

Misal lagi, di masa seperempat abad ini aku mau pilih nerusin kuliah S-2 aja deh setelah lulus S-1. Aku mau jadi dosen. Oke, dalam kasus ini kita garis bawahi mau jadi dosen. Itu kita anggap sebagai prinsip lah ya. Terus untuk jadi dosen gimana caranya? Iya nerusin S-2. Tapi selama S-2 itu masa iya sih cuma duduk manis di kelas aja, kuliah, terus pulang deh kerjain tugas. Please. Mohon jangan gitu. Yang pengen jadi dosen juga itu banyak, iya buanyak! Kita kudu berkompetisi dengan mereka. Ada banyak tugas yang sebenernya perlu kita ketahui. Selain kerjain tugas kuliah, 'main' juga kudu yang banyak. Cari pengalaman sekalian, ikut proyek dosen, ikut publikasi jurnal, ikut lomba ini itu, ikut penelitian ini itu juga, ikut organisasi, ikut volunteering, ikutin semua yang bermanfaat (tentunya yang se-tema dengan passion sama concern kita ya, biar ada garis lurusnya). Dan itu harus komit. Jangan putus atau bosan bahkan males di tengah jalan (Duh! ngomong/nulis aja gampang kok emang, lagi-lagi implementasinya yang emang kudu struggle (*tahan napas, ngelus dada kemudian)).  

Misal lagi, aku mau jadi istri solehah aja deh (bagi yang udah nikah). Komitmen untuk jadi istri yang solehah, ya nurut sama suami, belajar nyenengin suasana rumah, belajar manajemen rumah tangga yang baik, belajar parenting, dsb. Hindarin kumpul sama emak-emak kompleks yang ngomongin tetangga yang ini itu, mending ke TPQ sebelah, nyambi part time jadi guru ngaji. Hindarin nge-mall bareng temen-temen arisan, sehingga lupa sama kewajiban tugas di ruma, mending ke pasar sama suami beli bahan buat masak bareng besok (Ngomong apa lagi sih nih bocah ya, padahal nikah aja belom, haha). Ya, gitu-gitu lah intinya supaya prinsip kita jadi istri solehah itu tertuju. 

Ada banyak pilihan kok sebenernya yang bisa kita jajal. Tapi inget, kudu komit sama diri sendiri dan waktu. Waktu itu ngga bakal bisa mundur. Yang ada malah teruusss majuu. Tinggal milih aja kitanya, mau ikut maju dengan waktu atau kita pilih diam dan mundur aja. Inget, kalau udah mulai bingung, inget tujuan hidup aja. Secara umum, manusia diciptakan untuk nyembah Sang Maha. Ya udah, fokus aja ibadah nyembah Sang Maha. Banyak kok jalannya. Kerja ikhlas aja itu udah ibadah loh. Jadi suami-istri juga ibadah. Tolong orang juga ibadah. Banyak! tinggal pilih aja, jangan bingung, Allah sesuai dengan prasangka hambanya, percayalah! *kok tiba-tiba jadi ndakwah yak? hehe. 

,,,,,catatan Hani yang sekarang udah 25th 1bln 5hr

Komentar

Postingan Populer