Bersenang-senang di Penang Part II

27 Oktober 2018
Day 2!!!

Sesuai dengan itinerary. Jadwal kami pagi ini melenggang menuju Penang Hills. Tapi sebelum melenggang kesana, kami sempatkan dulu sarapan roti canai lengkap dengan teh tarik di pinggir jalan dekat Kapitan Keling Mosque yang dilanjutkan sarapan di Lagenda Cafe House yang merupakan tempat tinggal kami selama 4 hari 3 malam. Pagi-pagi saja sudah sarapan 2x yak, haha. Memang bener-bener cocok untuk kulineran kok disana, warung-warung kaki lima udah banyak yang buka mulai habis subuh. Mulai dari warung roti canai, bak mee, dimsum dan banyak lagi. Makanya kalau kalian suka kulineran, mending pesen hostelnya yang tanpa sarapan pagi hehe.

Roti Canai, Roti Kosong, Roti Sari plus lengkap dengan kuahnya :P

Yang awalnya kami mau berangkat ke Penang Hills dengan menggunakan bus, ahirnya kami memilih menggunakan Grab dengan asumsi waktunya sudah menjelang siang (gara-gara terlalu menikmati sarapan, hehe). Singkat cerita, sesampainya di Penang Hills, kami disambut dengan deretan manusia yang berkunjung ke sana. Luar biasa! Sungguh di luar dugaan kami. Antrean manusia tumpek blek di pintu masuk. Mulai dari bayi hingga kakek nenek. Saranku, kalau pengen melihat suasana siangnya Georgetown, kalian harus datang pagi-pagi banget, kalau pengen lihat suasana malamnya, sore banget sekalian. Biar antreannya ngga terlalu lama. Total waktu yang harus kami gunakan untuk antre masuk saja 2 jam, belum lagi pas baliknya antre 2 jam lagi, haha. Sungguh melatih kesabaran. Ohya, untuk yang nggak mau antre, kalian bisa ambil tiket fastlane seharga 80 RM. Dengan membeli tiket ini, kalian nggak perlu antre hampir 2 jam, mungkin juma 15-30 menit untuk mengantre. Nah, berbeda dengan tiket reguler yang harganya cuma 30 RM, memang harus antre panjang, hehe. Namanya juga ada harga, ada rupa dong ya. hehe.

Pelajaran yang dapat diambil dalam proses antrean ini, aku bisa lebih menghargai waktu dan juga menenangkan rombongan. Ibuk dan Abi yang notabenenya juarang banget antre, kini harus ikutan antre selama 2 jam. Hal ini tentunya challange bagiku. Takut kalau mood mereka berubah jadi buruk pas jalan-jalan ini. Nyatanya, mood kami semua Alhamdulillah baik-baik saja, karena antreannya bener-bener tertib, nggak ada sela-menyela antar pengunjung. Ditambah lagi sesampainya di atas bukit kami disuguhkan pemandangan yang bener-bener indah. Gedung-gedung tinggi berjajar rapih, jembatan panjang mengular di atas selat, indah banget pokonya! Nggak rugi lah antre panjang, selama 2 jam, hehe.

gaya dulu, ehhe

Apa aja sih yang ada di Penang Hills ini? Seperti yang ada pada taman-taman wisata pada umumnya, disana akan ada resto, taman mainan buat anak-anak, dan yang paling aku suka di sini adalah Cafe nya. Yup, pilihan makanan dan minuman yang menggugah selera berhasil membuat wisatawan betah berlama-lama di atas Penang Hills. Harganya pun cukup terjangkau pastinya.

Usai berkeliling di atas Penang Hills, kami kembali menuju Geogretown dengan menggunakan grab lagi. Nah, kali ini kami mendapatkan supir yang super ramah dan mau menunjukkan tempat-tempat membeli oleh-oleh. Yup, alhasil, kami turun di tempat oleh-oleh dan tidak langsung kembali ke hostel. Berdasarkan rekomendasi beliau, tempat oleh-oleh yang terjangkau itu ada di sepanjang Penang Street.

Benar saja, saat turun di Penang Street, kami disambut meriah oleh gantungan aneka oleh-oleh, mulai dari tas-tas, baju-baju, sampai gantungan kunci dan tempelan kulkas, hehe. Prinsipnya sama ya sama di Indonesia. Lakukan tawar menawar sebelum deal membeli! hehe.

Antrean Ais Chendul Penang Road
Nah di sini, kami menemukan surga kecil tersembunyi. Yup, ada kuliner hits yang sayang banget kalau dilewatin! kalian bisa coba kuliner Ais Chendul dengan harga 3RM saja. Antreannya mengular puanjang tapi worthy. Dari segi rasa sih hampir sama kaya es cendol di Indonesia, tapi ada bedanya pasti haha, ditambah sensasi ngantrenya haha.

Tada! Ais Chendul siap disantap :P

Dan satu pesan dariku untuk kalian : hal yang harus dilakukan saat kamu berkunjung ke Penang yaitu cobain kulinerannya, dijamin kaya rasa! hehe. Mau tau kulineran apa saja yang bisa aku rekomendasiin? hehe