Editing Photo Instagram Menggunakan VSCO Cam Paling Gampang

Jadi banyak temen-temen yang nanyain editing photo di instagram @hanibread pake aplikasi apa sih? Sebenernya hasil editanku nggak bagus-bagus amat, masih banyaak yang lebih bagus diluar sana hehe. Cuman, bagiku itu sudah sangat memuaskan untuk selanjutnya dibagikan dalam feed instagram @hanibread. Akupun merasa masih butuh banyak belajar tentang hal ini, tapi nggak papa lah ya, karena banyak teman-teman yang tanya soal editing photo, aku jawab via blog ini aja, because sharing is caring kaan hehe.  So I answered, I only use the one and only VSCO Cam, hehe. Atau kadang bahkan tanpa filter apa pun, jadi cuma hasil jepretan dari kamera HP doang.

Nah, sebelum mulai ke pembahasan editing photo menggunakan aplikasi VSCO Cam, let's see kamera apa sih yang biasa aku pake buat ambil foto? Yup, Aku cuma pakai kamera HP biasa tipe Iphone 6A, bingung kan pasti seri 6A yang kaya apa? haha. Iphone 6A alias Iphone 6 Aja enggak pake plus, nggak juga pake eS, hehe (just kidding :P). Itu doang? Iya itu doang yang biasa aku pakai buat ambil foto-foto hehe. Meskipun, Terkadang ada juga beberapa jepretan yang pakai kamera SLR hasil pinjeman :P  

Setelah puas ambil foto-foto menggunakan Iphone 6A, aku pasti lihat-lihat dulu hasil fotonya. Setelah menemukan hasil yang dirasa bagus, baru deh aku timbang-timbang ini bagusnya di filter apa nggak. Nah, kalau dirasa nggak perlu filter, biasanya aku langsung upload aja di instagram @hanibread. Nah, kalau perlu filter, baru deh buka aplikasi VSCO Cam. Aplikasi ini cukup mudah di download baik di iOs maupun Android. Ukurannya nggak terlalu berat dibandingkan aplikasi editing foto lainnya. Hasil editing via VSCO Cam menurutku juga lebih bagus. 

Untuk pilihan foto, jujur aku suka yang candid dibandingkan sedang begaya, hehe (makanya nggak heran kalau banyak yang suka komplain kalau ambil obyek diriku, karena terlalu cepat geraknya haha). Tapi tergantung hasil jepretannya juga sih, mana hasil yang dirasa paling bagus, apakah sedang candid apa sedang begaya. Ini sifatnya subyektif banget. Setiap orang punya selera masing-masing untuk menentukan hasil foto yang pas buat dimasukin ke instagramnya hehe. 

Nah saatnya masuk dalam bab pembahasan! 

Langkah yang perlu kalian ketahui pertama kali adalah aku kurang suka kalau langsung ngefilter pakai preset filter bawaan dari VSCO nya. Aku selalu coba usahain filter sendiri terlebih dahulu, tanpa menggunakan preset bawaan dari VSCO nya. Setelah puas dengan hasil filter sendiri, baru deh di tambah pakai preset filter bawaan dari VSCO.  Nah, aku paling suka pilih preset filter tipe A (A5 which is the best I think) dan tipe HB1 dan HB5.  Semua preset filter  bawaan yang aku suka itu free, gratis! Karena ada juga preset lainnya yang bebayar, yang katanya lebih super-kece hasilnya. Tapi aku belum pernah coba, hehe. Oiya, pembahasan ini sistemnya langsung aku kasih detail dari hasil filter tools nya ya, jadi buat temen-temen yang belum pernah menggunakan VSCO mungkin bisa coba masing-masing tools nya dulu, hehe.  

Oke, sekarang langsung ke praktiknya ya, hehehe. 

Foto asli sebelum diedit. Hasil Foto menggunakan Iphone 6. 
Edit 1. Preset filter sendiri tanpa tambahan preset filter bawaan dari VSCO.
Detail filter : Highlights +5.0 ; Temperature +0.5 ; Saturation +1.5 ; Contrast -1.5

Hasil edit 1
Edit 2. Setelah foto Edit 1 disimpan, kemudian ditambahkan editing lagi menggunakan preset HB1 dari VSCO.
Setelah pilih tema preset HB1, ditambahkan filter tint +6.0 ; Exposure -1.0 ; Saturation -1.5 ; Contrast +1.0
  
Hasil editing menggunakan 2 layer filter hehe. 
Nah, dari editing foto di atas, aku kurang puas dengan hasil edit 1. Meskipun hasilnya flawless, tapi menurutku kurang sesuai dengan situasi gambar fotonya, hehe. Jadi aku tambahin filter lagi dari foto hasil edit 1, biar kesannya lebih rustic gitu fotonya, hehe (lagi-lagi ini depends on your feeling yaa)

Di foto berikutnya, aku pakai kamera SLR Nikon D5200 plus Lensa Tamron 15-35 (kaya itu lah tipenya (kata yang punya, haha)). Di sini aku cuma pakai filter sekali saja tanpa ambil preset bawaan dari VSCO nya. 

Foto asli hasil jepretan dari Nikon D5200 plus Lensa Tamron 15-35

Edit foto langsung dengan filter sendiri
Detail filter : Vignette +6.0 ; Tint +1.0 ; Saturation -2.0 ; Contrast +1.0 ; Exposure -1.2

Taraa, Hasil editingnya, hehe
Di foto ini, aku pengen ambil kesan adem dan agak tajem. Jadilah saturasinya aku turunkan sampai -2.0 dan vignete nya ditinggikan jadi +6.0. Untuk contrast dan exposure sebenarnya tinggal mengikuti saja. Lagi-lagi tergantung sama selera kalian masing-masing hehe. Oh ya, Banyak yang nyaranin kalau edit foto jangan terlalu bold. Jadi sebisa mungkin edit se- soft and smooth - mungkin (halah). Bingung kan ya, gimana kriteria yang soft and smooth itu? Yah, itu bisa dinilai dari perasaan kalian masing-masing kayanya, hihihi. Oleh karena itu, sebenernya cara edit paling gampang itu ketika mood kalian buat edit sedang oke biar hasilnya bisa dimasukin ke perasaan, haha. 

Nah, Begitulah bocoran editing foto di instagram @hanibread. Semoga bisa menjawab pertanyaan dan membantu kalian untuk lebih mengindahkan foto-foto kalian yang sebenernya udah cakep, hehe. Kalau ada pertanyaan lain atau sharing-sharing lain yang bisa menggugah (asseeek, haha), boleh banget leave comment di bawah atau langsung DM ke akun instagram @hanibread yaa. Thankyouuu :*

Komentar

Postingan Populer