Bahas Kerjaan : Sehat dan Rehat

Kerja, Kerja, dan Kerja. 
Sebenarnya menurut kalian hakikat kerja itu apa sih? Kalau menurutku, karna saat ini aku kerja di instansi pemerintah, hakikat kerja adalah sebuah 'pengabdian'. Yup, ngabdi ke masyarakat. Namanya juga instansi pemerintah, kita kerja jelas untuk kemaslahatan umat. Tapi, kita kerja apa juga nggak mikir kemaslahatan hidup sendiri? Nah, menurutku ini menjadi suatu dilema buat kita-kita yang bertipe kerja keras. Bolehlah kita kerja keras, tapi perlu juga seimbangin dengan kerja cerdas dan ikhlas. Bagaimana caranya? atur waktu sebaik mungkin. Kita kudu bener-bener tau gimana caranya waktu 24 jam x 7 hari bener-bener cukup untuk membantu masyarakat dan juga untuk istirahat. Ya, meskipun kadang juga sulit untuk dijalanin. Yang jelas jalanin aja, pastiin time planning kita bener-bener kepake selama 24 jam itu. (Gampang ya kalau nulis gini?) At least, let's try!

Ngomong-ngomong soal istirahat, ahir-ahir ini banyak teman kantor yang jatuh sakit karna mungkin saking kerja kerasnya, sampai lupa istirahat. Sehingga, (mungkin) Allah harus ingetin mereka buat istirahat dengan rasa sakit itu. Nah, patut disyukuri juga kan kalau gitu?! Karna berarti dikasih waktu sama Allah untuk bener-bener istirahat. Dan buat kita yang sehat, juga harus lebih bersyukur karna Allah kasih banyak kesempatan buat kita agar lebih produktif, agar lebih banyak tolongin orang. Jadiin teman yang sakit sebagai reminder kita untuk tetap sehat dan semangat.

Tapi, apa daya aku manusia biasa yang kadang malah mikir 'enak ya kalau sakit bisa off dari kerjaan yang seabreg' atau mikir 'si dia nih nggak asik ah, nggak seterong.' Kemudian untung aku terbangun dari lamunan dan mikir lagi 'No Haaan, it's not a big deal!! Naudzubillah.' Untungnya lagi aku pernah ngerasain rasa sakit, yang bagiku itu super duper nggak enak.  Yang biasanya kita aktif kesana-kemari, kita harus terbaring lemah. Yang biasanya kita bisa makan semuuaa makanan yang kita suka, malah sebaliknya kita harus makan makanan yang bener-bener plain. Yang biasanya kita bisa berpikir, tiba-tiba pusing buat mikir. Bener-bener kenikmatan-kenikmatan sehat nggak bisa kita lakuin waktu kita sakit. Dan kita nggak pernah tau kan batas kekuatan orang sampai mana. Mungkin dia nggak seseterong kita yang bisa kerja lebih dari delapan jam sehari,  kita nggak tau sebenernya dia justru lebih kuat dari kita yang hanya kuat melek sampe malem karna dia bisa ngelawan rasa sakitnya selama bekerja delapan jam sehari. Kita nggak tau kan kalau ternyata dia justru lebih seterong dalam hal lain dibanding kita. Nah, makanya do what you can do best now! Just stop comparing and complaining! dan semoga kita semua tetep sehat dan semangat ya!! Aammiin :D

Tetiba aku keinget tanteku yang sekarang sedang lemah karna cancer. Yang aku lihat, dia tipikal orang yang kerja keras juga semasa dia masih bisa kerja. Dan sekitar lima tahun ini, dia harus resign karena harus berjuang melawan sakitnya tersebut. Berdasarkan ceritanya dia, cancer yang tumbuh di tubuhnya itu akibat dari pola makan yang nggak sehat. Bayangin aja, tanteku kerja di salah satu perusahaan Jepang. Dia sebagai salah satu tangan kanan Pak Bosnya yang mengharuskan dia berangkat lebih pagi dan pulang lebih malam dari teman-temannya yang lain.

Karna kesibukannya itu, dia jarang perhatiin makanan apa aja yang masuk ke tubuhnya. Dia suka jajan-jajan sembarangan sewaktu istirahat tiba. Dan kalaupun masak, dia masak dengan bahan ala kadarnya yang serba instan biar cepat penyajiannya. Nah disini lah, sikap cerdas kita dibutuhin. Kita boleh kerja sekeras-kerasnya, tapi pikirin juga amunisi yang masuk ke tubuh kita apakah sudah cukup sehat? Apakah sudah cukup untuk memenuhi kondisi fit tubuh kita? Nggak mau kan kita kehilangan pekerjaan gara-gara kita sakit. Yang ngersain dan nanggung sakit itu kita sendiri loh, bukan kantor atau perusahaan apalagi bos kita (?). So Guys, ini reminder juga untuk aku dan kalian yang baca blog ini. Mari kita seimbangin tubuh kita dengan konsumsi makanan yang baik dan sehat, dan sempatkan waktu kita untuk rehat dikala sehat.

Kalau aku pribadi sih, setiap berangkat kerja pasti bawa satu liter botol air putih dan itu harus bener-bener habis ku minum selama ngantor (kalau bisa sih lebih). Dan aku juga pasti nyempatin sarapan pagi sebelum berangkat ngantor. Ketika jam makan siang pun begitu, sebisa mungkin in time! Aku pun sedikit picky urusan makanan kali ini, bukan karena apa-apa, hanya karna aku pernah ngerasain rasa sakit yang menurutku nggak enak banget dan aku ngga pengen ngulangin hal yang sama hehe. So keep healthy guys! 


Komentar

Postingan Populer